Tuesday, November 30, 2010

Pelatihan Tim ICT

Pengembangan media pembelajaran melalui ICT saat ini sangatlah diperlukan, mengingat perkembangan teknologi yang sangat cepat beberapa tahun terakhir ini. Sebagai tenaga pendidik boleh ketinggalan dalam penggunaan ICT sebagai media pembelajaran. Oleh karena itu, pelatihan-pelatihan tentang penggunaan ICT sebagai media pembelajaran sering dilaksanakan di berbagai tingkat daerah. Pelatihan ini ditujukan kepada para guru untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam penggunaan ICT sebagai media pembelajaran.



Pada tanggal 19 – 24 November 2010, 2 orang guru SD Bertaraf Internasional, yakni M. Ali Muksin, S.Pd dan Arif Rahman, S.Pd, mendapat kesempatan mengikuti pelatihan ICT bagi Tim Pengembang ICT Kabupaten di Hotel Batara Banjarmasin. Mereka merupakan 2 dari 5 orang perwakilan kabupaten Banjar. Pelatihan ini dilaksanakan oleh Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Propinsi Kalimantan Selatan.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberi pembekalan terhadap Tim Pengembang ICT tiap-tiap kabupaten di Kalimantan Selatan agar setelah kembali ke daerah masing-masing bisa memberikan pelatihan kepada para guru di kabupaten mereka.
Pelatihan yang berlangsung selama 6 hari tersebut diisi dengan kegiatan pelatihan Desain Grafis, Ms. Power Point tingkat Lanjutan, dan Animasi juga diskusi tentang perkembangan dan hambatan yang dialami oleh Tim Pengembang ICT di tiap-tiap kabupaten.

Para Instruktur pada pelatihan ini langsung di datangkan dari PUSTEKKOM, Jakarta. Para Instruktur terdiri dari 6 orang, yaitu Hardjito, Cecep M. Tholib, Hardianto, Jaka Warsihna, Karnadi, dan Yane. Para peserta sangat antusias dan bersemagat dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini karena pada kegiatan ini mereka mendapatkan tambahan ilmu dalam ICT.

Semoga saat kembali ke daerah masing-masing para Tim Pengembang ICT kabupaten bisa mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan sehingga para guru di Kalimantan Selatan dari tingkat SD hingga SMA memanfaatkan ICT sebagai media pembelajaran dan semakin memajukan pendidikan di Kalimantan Selatan ini.

No comments:

Post a Comment