Sunday, November 14, 2010

SDBI Banjar dan PMI Cab. Banjar Sosialisasikan Perubahan Iklim untuk Sekolah Dasar

Indonesia merupakan daerah rawan bencana. Termasuk juga kabupaten Banjar, daerah ini sering terjadi bencana kebakaran, banjir dan putting beliung. Selain itu, tahun lalu di kabupaten Banjar juga terjadi pademi Influenza yang menyebabkan anak-anak sekolah tidak dapat belajar semestinya.

Berdasarkan pengalaman di atas maka PMR Mula SD Bertaraf Internasional (SDBI) Kab Banjar menyelenggarakan kegiatan sosalisasi Perubahan Iklim, Kesiapasiagaan bencana dan pendemi Influenza. Kegiatan yang dilaksanakan di SDBI Kab. Banjar ini diikuti 5 sekolah dasar. Yaitu SDN Indrasari, SDN Jawa 1, MIN Sei Sipai, MI Nurrahman dan SDBI itu sendiri. Kegiatan yang difasilitatori PMI Cabang Banjar ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 13 November 2010.

Kegiatan yang dibuka Bapak Kepala Sekolah SDBI Banjar Fathurrahman M.Pd diawali dengan pemutaran film kartun yang berjudul “Turtle World” dan film “Climate Change”. Film yang menjelaskan tentang bahaya merusak bumi ini dipahami peserta  dengan baik. Metode film sangat efektif dalam menjelaskan dan menanamkan budaya cinta lingkungan senang menanam dan memelihara pohon dan adaptasi perubahan iklim.
Kemudian Djoko Nugroho relawan PMI Cabang Banjar memandu peserta untuk bermain dan bernyanyi tentang siap dan siaga menghadapi bencana. Para PMR ini dengan gembira melakukan pembelajaran menyenangkan ini. Walaupun mereka berbeda sekolah tetapi dapat saling berinteraksi. Permainan yang bernama “angin sepoi-sepoi” mengajarkan cara-cara kesiapsiagaan menghadapi berbagai bencana seperti gempa, banjir, longsor dll dimainkan dengan riang. Kemudian berbagai macam nyanyian tentang bencana juga mereka nyanyikan secara bersama.

Pembelajaran Pandemi Influenza disampaikan oleh relawan PMI lainnya yaitu : Ahmad Rayhani dan Rohbiah. Mereka mengajarkan cara-cara untuk mencegah flu untuk tidak menular. Termasuk 4 hal pencegahan yaitu :  Tutup mulut dan hidung, cuci tangan dengan Sabun, Pisahkan orang sakit dari yang lain dan jaga jarak dengan orang sakit.(jr)

No comments:

Post a Comment