Monday, November 29, 2010

Kunjungan ke Bridgestone Kalimantan Plantation

Sabtu/20/11/2010 Bridgestone Kalimantan Plantation (BSKP) menjadi kunjungan selanjutnya kegiatan pembelajaran siswa SDBI Kab. Banjar. Perusahaan yang bergerak dalam perkebunan karet ini terletak di desa Imban Kecamatan Bati-bati kabupaten Tanah Laut. Perkebunan ini menjadi salah satu penyedia karet kualitas terbaik untuk merek ban terkenal yaitu "Bridgestone". BSKP mempunyai perkebunan yang sangat luas dan memiliki tenaga kerja banyak. Bahkan mereka memiliki perkampungan sendiri untuk para pekerja.



Siswa SDBI Banjar saat mulai memasuki daerah perkebunan disungguhi dengan pemandangan yang indah. jejeran pegunungan dan perkebunan masyarakat desa imban seakan menampilkan lukisan alam yang menakjubkan.  Perkebunan BSKP terlihat sangat rapi, dan terkesan sang petani karet yang selalu disiplin waktu dalam mengerjakan tugasnya tergambarkan juga dengan berbaris rapinya pohon-pohon karet.

SDBI Banjar membawa tiga tingkatan kelas untuk kunjungan kali ini. yaitu siswa kelas 3 sebanyak dua kelas dan kelas 4 sebanyak satu kelas. Guru pendamping terdiri dari Ibu Etni Yuniati selaku wakasek kesiswaan, Ibu Siti Badiah (Wakasek Kurikulum) ibu Santi Damayanti (guru bahasa Inggris, Sains dan Mathematic) dan Bapak Nur Saadi (guru olahraga). Untuk transportasi SDBI menggunakan 3 mobil angkutan siswa untuk melayani para pembelajar ini.

BSKP memberikan pembelajaran kepada siswa tentang pengolahan karet mentah di pabrik perusahaan tersebut. Siswa diajak untuk melihat fermentasi karet mentah, penggilingan karet sehingga karet menjadi pipih (tipis). selanjutnya siswa melihat "Pengopenan" karet  dan karet dipilah berdasarkan kualitasnya. setelah dilakukan pengepresan karet dikirim ke perusahaan ban Bridgestone.


Selain pengelolaan karet di atas siswa juga di bawa ke pengelolaan limbah perusahaan. pengeklolaan limbah di perusahaan ini patut di acungi jempolm dan menjadi pegangan perusahaan lainnya. BSKP mengelola limbah sehingga tidak mencemari lingkungan. bahkan air limbah digunakan untuk pemeliharaan ikan para petani karet. limbah berupa lumpur bisa didaur ulang perusahaan sebagai pupuk tanaman karet itu sendiri.

Sebenarnya masih banyak materi seperti pembibitan dan penanaman karet  yang akan diberikan oleh BSKP, tatapi waktu yang sempit tidak dapat terlaksana. SDBI berkomitmen untuk melanjutkan kerjasama ini dengan BSKP.

No comments:

Post a Comment