Monday, December 6, 2010

Kunjungan Staf Khusus Presiden RI di SDBI Banjar

Sabtu, 4 Desember 2010, Sekolah Dasar Bertaraf Internasional Kabupaten Banjar mendadak kedatangan tamu dari istana kepresidenan. Tamu tersebut adalah Bapak Kolonel Purnawirawan Darwis D.,asisten staf khusus presiden disertai Bapak Firmansyah pembantu asisten staf khusus presiden. Kunjungan beliau ke SDBI Banjar merupakan rangkaian kegiatan kunjungan di Pemerintah Kabupaten Banjar.

Maksud dari kunjungan ini adalah meninjau program pelestarian lingkungan khususnya di SD Bertaraf Internasional Kabupaten Banjar. Dalam kunjungan ini beliau didampingi oleh Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Banjar, Bapak Bambang Eko Subiantoro dan staf beliau Bapak Warsita diterima langsung oleh Kepala SDBI Banjar Bapak Fathurrahman, M.Pd.
Pihak staf khusus presiden banyak meminta informasi dan masukan sehubungan dengan program pelestarian lingkungan di sekolah ini yang tidak hanya dari kepala sekolah tetapi juga dengan beberapa siswa yang diwawancarai langsung oleh beliau. Kemudian kegiatan kunjungan dilanjutkan dengan meninjau lokasi penghijauan di SDBI Banjar. Memang di sekolah ini telah beberapa kali dilakukan kegiatan penanaman pohon mulai dari kegiatan Kemah Pemuda Hari Anti Narkoba Internasional, Juni 2008, Hari puncak penanaman seratus juta pohon dalam rangka mendukung 100 tahun kebangkitan nasional, November 2008, Program One man One Tree tahun 2009, dan puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia Kabupaten Banjar tahun 2010 yang semuanya bertempat di SDBI Banjar.

 Pelestarian Lingkungan merupakan salah satu program kerja SDBI Banjar. Dalam gerak langkahnya SDBI Banjar telah melakukan program kemitraan yang harmonis dengan Dinas Kehutanan Kabupaten Banjar dan Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Banjar. Sebagai hasilnya telah tumbuh berbagai tanaman baik itu tanaman keras maupun tanaman produktif di areal sekolah yang keseluruhan luasnya mencapai 7,5 hektar itu. Sebagian dari areal sekolah tersebut dijadikan hutan sekolah dan juga hutan kota Martapura. SDBI Banjar juga melaksanakan kegiatan pelestarian lingkungan dengan membuat kebun sekolah, sumur resapan, biopori, green house dan komposting. Para siswa dilibatkan dalam penanaman dan pemeliharaan tanaman, selain itu masing – masing kelas memiliki lahan yang ditanami tanaman obat keluarga ( TOGA ).


Setiap upaya yang dilakukan dengan sungguh – sungguh tentunya akan membuahkan hasil. Selain tanaman yang sudah mulai menghijau dan sebagian kecil sudah berbuah, sekolah ini juga mendapat penghargaan terbaik 1 sebagai Sekolah Peduli Lingkungan Hidup tingkat Kabupaten Banjar tahun 2010, terbaik II sekolah calon adiwiyata tingkat provinsi Kalimantan Selatan tahun 2010 disamping sebagai terbaik I sekolah sehat tingkat SD Kabupaten Banjar tahun 2010. Semoga cita – cita menjadikan sekolah ini sebagai sekolah kawasan hijau bisa terlaksana dengan baik. Go green SDBI Banjar....!!!

2 comments:

  1. kita tidak mewarisi alam dari nenek moyang kita, tetapi meminjamnya dari anak cucu kita.

    ReplyDelete
  2. Pinjaman anak cucu kita merupakan paru - paruh dunia yang memberikan roh kehidupan bagi kelestarian udara tuk hirupan nafas berjuta-juta insan manusia!!! Ayo kita rawat agar makin kuat dan wariskan sampai kiamat, InsyaAllah dapat berkat jadi umat yang bermartabat dunia-akhirat, amien

    ReplyDelete