Thursday, October 14, 2010

MENGENAL LEBIH DEKAT SEKOLAH DASAR BERTARAF INTERNASIONAL KABUPATEN BANJAR


Kehadiran sekolah bertaraf internasional ( SBI ) merupakan amanat dari UU No 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS pasal 50 ayat 3, dan PP No 19 Tahun 2005 pasal 61 ayat 1 serta Renstra Depdiknas 2005-2009 Bab V Hal. 58 yang mengamanatkan bahwa Pemerintah dan/atau Pemerintah Daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, SMA dan SMK untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan yang bertaraf internasional.

Dalam pengembangannya ada 3 model yang bisa diterapkan, yaitu; EXISTING DEVELOPED, yakni sekolah yang telah memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan Plus dan melalui studi kelayakan dianggap pantas untuk dikembangkan menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) atau Sekolah Bertaraf Internasional (SBI), Model RECOGNITION, yakni sekolah – sekolah unggulan yang sudah lama memenuhi dan menerapkan 8 NSP plus sehingga yang diperlukan hanyalah legimitasi dari pemerintah untuk mendapatkan status sebagai Sekolah Bertaraf Internasional. Model lainnya adalah NEWLY DEVELOPED, artinya sekolah ini dirintis dan dikembangkan benar-benar dari awal baik itu dari segi sarana prasarana, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik, dll., yang semuanya mengacu kepada 8 SNP plus. Sekolah Dasar Bertaraf Internasional Kabupaten Banjar merupakan salah satu dari 22 sekolah sejenis yang ada di Indonesia yang dikembangkan melalui model newly developed ini.

Pola Pengembangan dan Pembinaan SDBI Banjar
SDBI Banjar mulai beroperasi sejak 16 Juli 2007. Sekolah ini dirancang, dibangun, dikembangkan dan dibina sesuai dengan ketentuan sistem pendidikan nasional. Ini adalah sebagai wujud komitmen pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan bentuk keterpaduan program yang terkoordinatif antara pemerintah pusat, propinsi, kab/kota dan masyarakat dalam membangun pendidikan yang bermutu.

Sekolah ini berada satu komplek dengan TKBI Banjar yang merupakan bagian yang tak terpisahkan. TK dan SD BI berada pada areal yang luasnya lebih dari 7 hektar dengan dilengkapi fasilitas – fasilitas gedung, laboratorium, sarana bermain, gedung dan sarana olah raga, mushalla, gedung pertemuan, unit usaha dan fasilitas – fasilitas pendukung lainnya.

Rekrutmen kepala sekolah dan guru dilaksanakan melalui seleksi yang melibatkan penguji dari kalangan akademisi, pemda dan kalangan profesional lainnya. Murid – murid SD merupakan murid yang diseleksi kemampuan dasarnya dan didukung rekomendasi dari psikolog melalui psikotes.

Dalam gerak operasionalnya sekolah mendapat dana dari beberapa sumber yakni APBN (BOS) dana rutin dan BOPD dari Pemda dan tentu saja sebagaimana sekolah-sekolah lain yang sejenis, partisipasi orangtua melaluii Komite Sekolah turut memberikan andil yang besar bagi kemajuan sekolah.

Dalam hal pembinaan, sekolah memiliki konsultan khusus bidang pendidikan yang direkrut dari perguruan tinggi negeri dengan didukung pembinaan dari pengawas UPT Pendidikan Kecamatan Martapura dan pengawas pendais.

Karakteristik SDBI Kab. Banjar
Program – program yang diharapkan bisa menjadi keunggulan sekolah adalah program – program yang mengacu pada 8 SNP plus yang menjadi karakteristik SBI. Program – program tersebut bisa diintisarikan sebagai berikut:

A. Model Kurikulum dan Pembelajaran

  • Kurikulum Nasional ( KTSP) plus
  • Kerjasama dan lisensi dari AMECC: Ednovation International Amerika untuk mata pelajaran English, Science and mathematics.
  • Semi full day school: Waktu belajar; pukul 08.00 sampai dengan 14.00 wita. Senin dan Sabtu dimulai pukul 07.30 wita
  • Sabtu khusus pengembangan diri sampai dengan pukul 12.00 wita
  • Team teaching, kolaborasi guru kelas dan guru mata pelajaran
  • Pendekatan Pakem
  • Kelas yang refresentatif dengan jumlah siswa terbatas dan terseleksi
  • Menggunakan media pembelajaran yang inovatif
  • Nuansa Agamis Harian: Bacaan surah-surah pendek, Do’a dan Asmaul Husna, Shalat Dzuhur berjama’ah, makan siang bersama, Tausyiah ba’da dzuhur, budaya salam , dll.
Muatan Kurikulum
1. Mata Pelajaran
Mata Pelajaran Wajib
a. Pendidikan Agama
b. Pendidikan Kewarganegaraan
c. Bahasa Indonesia
d. Matematika
e. Ilmu Pengetahuan Alam
f. Ilmu Pengetahuan Sosial
g. Seni Budaya
h. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

2. Muatan Lokal

a. Baca Tulis Al-Qur’an

3. Kurikulum Plus (SBI)
• Teknologi Informasi dan Komunikasi
• English
• Bahasa Arab
• Mathematics
• Science

Fasilitas Sekolah
Sesuai dengan standar sekolah bertaraf internasional, SDBI Kabupaten Banjar dilengkapi dengan sarana prasarana yang refresentatif seperti ; gedung permanen dan halaman yang luas, ruang kelas yang nyaman dan refresentatif, laboratorium – laboratorium ( Bahasa, Komputer, IPA,dan Matematika ) ,fasilitas ICT, fasilitas – fasilitas olah raga ( lapangan tenis, volley, basket, kolam renang dan segera menyusul lapangan sepakbola mini ), klinik sekolah beserta perawat / dokter, ruang makan, koperasi sekolah, taman sekolah, kantin dan Unit Usaha Sekolah, kebun sekolah, dan Psikolog yang membantu dalam kegiatan rekrutmen siswa baru, konseling dan perkembangan peserta didik.

Kegiatan Sekolah
Sebagai sekolah yang menganut sistem semi full day school, kegiatan – kegiatan yang dilakukan antara lain:
  1. Kegiatan Rutin/Harian, kegiatan ini meliputi; Upacara Bendera setiap Senin Pagi, Senam Pagi setiap Jum’at, Bacaan Doa/Surah Pendek/Asmaul Husna, Makan Siang Bersama (Senin – Kamis), Shalat Dzuhur Berjama’ah (Senin – Kamis), Baca Tulis Al Qur’an , Gerakan Kebersihan (Sabtu bersih), Latihan Upacara, Bintang Kelas ( Setiap bulan ).
  2. Kegiatan Pengembangan Diri/Ekstra Kurikuler, meliputi; Drum Band, Bulu tangkis, Pramuka, Berkebun, Kesenian tradisional dan English for Kids
  3. Bimbingan mental akhlak dan Psikologi melalui kegiatan Tausyiah Singkat ba’da Dzuhur dan konsultasi psikolog
  4. Lomba siswa intern/ ekstern baik akademik maupun non akademik
  5. UKS/Klinik Sekolah bekerjasama dengan puskesmas, Dinas Kesehatan/JPKM Khairul Amin, Martapura
  6. Gerakan Menabung Siswa bekerjasama dengan LK Syariah BMT Ahsanu ‘Amala, Martapura
  7. Karya Wisata/ Field Trip Study

Periode Usia Sekolah Dasar merupakan merupakan periode peletakkan dasar NILAI – NILAI. Jika pada periode ini peserta didik diberikan nilai – nilai yang benar maka akan berimbas pada periode – periode berikutnya. INVESTASI yang tiada ternilai harganya dan menjadi LADANG AMAL kita adalah ketika kita bisa memberikan dan menanamkan NILAI – NILAI tersebut secara IKHLAS dan mengharapkan KERIDHOAN ALLAH semata. Semoga JIHAD kita di dunia pendidikan ini dan memberikan warna dan perubahan bagi bangsa , agama dan negara.

Demikian gambaran tentang SD Bertaraf Internasional Kabupaten Banjar. Kerjasama yang keras dari pihak pengelola/pelaksana, dukungan dan pembinaan yang berkesinambungan dari dinas/instansi terkait, dan partisipasi aktif dari komite selaku mitra sekolah sangat diharapkan bagi kemajuan percepatan sekolah. Mtp, 14/04/09

No comments:

Post a Comment