Tuesday, December 14, 2010

SDBI Kab. Banjar : Sabtu Bersih, Hari Tanpa Sampah

 Seperti biasa hari Sabtu setelah senam pagi, Siswa SDBI Banjar menyelenggarakan Proyek Sabtu bersih disekolah. Artinya setiap hari Sabtu Sekolah mengajak siswa untuk melakukan kegiatan kebersihan di lingkungan sekolah. Sekolah SDBI Banjar yang luasnya sekitar 7 hektar ini selalu dibersihkan oleh siswanya dengan tujuan tentunya agar sekolah menjadi bersih dan sehat. Pada kegiatan ini tidak hari Sabtu saja para siswa diharapkan menjaga kebersihan. Tetapi lama kelamaan dengan sendirinya akan menjadi kebiasaan sehari-hari untuk berperilaku bersih dan sehat.

Sabtu 11/12/2010 siswa SDBI melakukannya dengan wilayah berbeda. Hari yang bertemakan “Hari Tanpa Sampah” dimulai dengan membersihkan sampah diluar lingkungan pagar sekolah. Tepatnya di lingkungan masyarakat. Siswa berjalan di jalan desa sambil memungut sampah-sampah plastik.
Dengan semangat siswa dari kelas satu sampai kelas empat berlomba mengumpulkan sampah plastik yang mereka temukan di jalan. Jalan menjadi bersih dan bebas sampah berkat kerja mereka. Dengan sukarela mereka mengotori tangan dan membawa sampah plastik bekas masyarakat ke sekolah.

Di sekolah sampah plastic ini dimasukan ke bak sampah khusus plastic. Sebagaimana yang kita ketahui sampah plastic merupakan sampah yang tidak bisa membusuk sehingga yang paling bijak memberlakukan sampah ini dengan cara mendaur ulangnya. SDBI Banjar telah melakukan pemisahan sampah plastic ini. Rencananya setelah terkumpul banyak di TPA SDBI Banjar sampah plastik akan dijual.

Setelah membersihkan lingkungan luar sekolah, kegiatan dilanjutkan dengan membersihkan lingkungan disekitar kelas mereka masing-masing. Walaupun kegiatan tadi melelahkan, siswa tetap semangat melakukannya.

Semoga dengan kegiatan ini para siswa selain belajar hidup bersih dan sehat juga dapat mengajarkan mereka berpartisipasi dalam adaptasi perubahan iklim dengan salah satu caranya yaitu mengurangi pencemaran tanah dengan mengurangi sampah plastik dan mendaur ulang sampah tersebut.

1 comment:

  1. muantap banar nich!! terus qt galakkan sadar diri sejak dini untuk terbiasa dengan hidup bersih dan sehat, karena di pundak merekalah paru - paru dunia berharap tuk tercapainya udara yang sejuk, lingkungan asri nan sehat, pencemaran dan perubahan iklim teradaptasi, dan ajaklah kawan, tetangga, saudara, keluarga, orang tua, semuanya dech!!! karena bumi ini amanah milik kita semua sebagai sang khalifa, bravo siswa SDBI Martapura

    ReplyDelete