Thursday, December 16, 2010

Pembukaan In House Training SDBI Kab. Banjar

Dari kanan : Muasz, S.Pd, Drs H. Khairil Anwar M.Pd, Faturrahman, M.Pd
"Sekolah-sekolah yang telah memiliki label SBI (Sekolah Bertaraf Internasional)dan RSBI (Rintisan Bertaraf Internasional) harus memiliki kompetensi lebih dari sekolah reguler biasa dari segala hal baik manejemen, mutu, sapras, out put siswa bahkan kemampuan guru-gurunya. SBI dan RSBI  akhir-akhir ini menjadi sorotan di tingkat Nasional. Balitbang sendiri akan mengevaluasi sekolah-sekolah tersebut secara nasional." Kata Faturrahman, M.Pd pada sambutan pembukaan In House Training di SDBI Kab. Banjar Kamis/16/12/2010.

Berdasarkan hal tersebut Pak Fatur sapaan akrabnya, selaku kepala sekolah SDBI Banjar  merasa perlu terus mengembangkan kompetensi guru-gurunya disekolah. Salah satu caranya adalah dengan melakukan In House Training (IHT) ini. kegiatan akan  berlangsung selama 6 hari yaitu tanggal 16, 18, 20,21, 22 dan 23 Desember 2010. Kegiatan yang bertajuk Peningkatan Kompetensi Guru SD Bertaraf Internasional Kab. Banjar bertujuan untuk melakukan penguatan kompetensi guru-guru terhadap pengetahuan yang telah mereka peroleh sebelumnya dan sharing pendapat tentang aplikasinya di sekolah.  IHT ini dibuka di aula SDBI Banjar oleh UPT Pendidikan Kecamatan Martapura yang diwakili oleh Muasz, S.Pd selaku pengawas SD kecamatan Martapura. 

Kegiatan ini akan difasilitatori oleh tutor-tutor yang berkompeten dibidangnya. adapun materinya yaitu ; Pembelajaran Tematik, Strategi pengembangan SBI,  PAIKEM, model-model pembelajaran, ICT Kebijakan pendidikan dan UPT Pendidikan, dan praktek pembuatan PTK.
Guru-guru SDBI Banjar serius di IHT

"Saya bangga dengan sekolah ini, kerena bisa menempatkan waktu untuk IHT disela-sela waktu kerja."kata Muasz, S.Pd disaat membuka pelatihan ini Sebagaimana kita ketahui sekolah melakukan UAS semester 1, jadi siswa pulang lebih awal dan jam kerja sekolah masih tersisa 4 jam setiap harinya. "ini hendaknya menjadi contoh sekolah lain"sambutnya lagi. Selain itu beliau juga memaparkan pentingnya 8 standar pendidikan untuk dipenuhi di sekolah. SDBI Banjar sendiri memenuhi hal tersebut ditambah dengan standar Internsional. Pak Muasz menghimbau agar seluruh guru sekolah ini untuk melakukan PTK selain kewajiban guru, PTK juga merupakan syarat kenaikan pangkat.
Drs H. Khairil Anwar Konsultan SDBI Banjar

Materi pertama pelatihan yaitu Pembelajaran Tematik dimulai pada hari ini. Materi disampaikan langsung oleh Drs H.Khairil Anwar, M.Pd dosen S1 PGSD Universitas Lambung Mangkurat. Pak Khairil sudah tidak asing bagi keluarga besar SDBI Banjar, karena beliau juga Konsultan Pendidikan SDBI Banjar. Materi dilakukan dengan cara sharing pengalaman aplikasi tematik oleh masing-masing guru. kesimpulannya yaitu SDBI Kab. Banjar telah menggunakan pembelajaran ini di kelas 1, 2 dan 3 sesuai dengan peraturan pendidikan.

1 comment:

  1. Tematik Plus yang menjadi pembahasan dalam forum diskusi hari ini merupakan langkah tepat untuk menguatkan ketajaman langkah dan menyamakan persepsi/pemahaman dalam mengelolah kelas yang aktif,kreatif,efektif, menyenangkan dan komunikatif serta berbasis TIK, sehingga produk yang kita hasilkan siswa berkwalitas di kancah nasonal dan internasional

    ReplyDelete